Kamis, 19 Maret 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Berbicara (مَهَارَةُ الْكَلَامِ)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN AJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas/Semester          : VII/Gasal
Materi                         : Berbicara (مَهَارَةُ الْكَلَامِ) tentang : التَّعْرِيْفُ بِالْعَامِلِيْنَ فِى الْمَدْرَسَةِ
Pertemuan Ke           : 2 (Dua)
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit x 4 (Tema Perbab)
1.        KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
2.        KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar;
2.      Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah;
3.      Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa;
4.      Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman;
5.      Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.;
6.      Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: التَّعْرِيْفُ بِالْعَامِلِيْنَ فِى الْمَدْرَسَةِ dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
7.      Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : التَّعْرِيْفُ بِالْعَامِلِيْنَ فِى الْمَدْرَسَةِ
3.        TUJUAN & INDIKATOR PEMBELAJARAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menginformasikan, siswa dapat mendemonstrasikan ungkapan sederhana, menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, merespon dan menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : التَّعْرِيْفُ بِالْعَامِلِيْنَ فِى الْمَدْرَسَةِ
1.    Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.;
2.    Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar;
3.    Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar;
4.    Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar;
5.    Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
4.        MATERI POKOK/ESENSIAL
Berbicara (مَهَارَةُ الْكَلَامِ) tentang : التَّعْرِيْفُ بِالْعَامِلِيْنَ فِى الْمَدْرَسَةِ
5.        PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1.    Scientific Method (metode ilmiah)
2.    Struktural
3.    Eklektik
4.    Langsung
5.        KEGIATAN PEMBELAJARAN (80 MENIT)
TAHAPAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI KEGIATAN GURU & SISWA
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawabnya;
2.      guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran proses pembelajaran;
3.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
4.      Guru mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai;
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
10
Inti
Kegiatan ke-1 :
1.    Guru menyiapkan bahan yang akan diperlihatkan kepada siswa yang terkait dengan materi;
2.    Guru mengucapkan sebuah ungkapan sederhana yang terkait dengan materi
3.    Siswa menirukannya.
Kegiatan ke-2 :
1.      Guru memberikan sebuah kartu kepada siswa;
2.      Siswa yang mendapat kartu pertanyaan harus mengucapkan sesuai dengan kartu yang dibawa;
3.      Siswa yang mendapatkan kartu jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diucapkan.
Kegiatan ke-3 :
1.      Dalam kegiatan pembelajaran, dibentuk beberapa kelompok kecil;
2.      Setiap kelompok diberi kesempatan untuk membuat hiwar sederhana;
3.      Setiap kelompok tampil ke depan untuk berlatih berbicara bahasa arab.
50
Penutup
1.    Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.    guru melakukan penilaian dan/refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.    Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
5.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
20
Tugas Terstruktur :
1.    Mendemontrasikan perkelompok sesuai naskah hiwar (pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran (Mengkomunikasikan).
2.    Menjawab soal-soal latihan secara lisan yang terdapat dalam buku pelajaran
Tugas Tidak Terstruktur :
Membiasakan bercakap-cakap dengan teman sekolah di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan dan membicarakan kondisi sekolah.
6.        MEDIA/ALAT & SUMBER BELAJAR
1.    Media : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint, alat petunjuk
2.    Alat/Bahan : potongan kertas
3.    Sumber Belajar : Buku Paket, kamus
7.        PENILAIAN
1.      Penilaian Performansi
Indikator Penilaian
(Menirukan dan melafalkan ungkapan yang mengandung kata tanya dan jawabannya)
No.
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
Ketepatan Pertanyaan dan Pelafalan
1-4
a. Pertanyaan dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat
4
b.Pertanyaan dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Pertanyaan dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang tepat
2
d.Pertanyaan dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Ketepatan Jawaban dan Pelafalan
1-4
a. Jawaban dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat
4
b. Jawaban dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Jawaban dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang tepat
2
d. Jawaban dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak tepat
1
3
Ketepatan Makhraj
1-4
a. Makhraj pelafalan ungkapan sudah sesuai dan tepat
4
b. Makhraj pelafalan ungkapan cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Makhraj pelafalan ungkapan kurang sesuai dan kurang tepat
2
d. Makhraj pelafalan ungkapan tidak sesuai dan tidak tepat
1
4
Intonasi
1-4
a. Intonasi sudah baik dan tepat
4
b. Intonasi cukup baik dan cukup tepat
3
c. Intonasi kurang baik dan kurang tepat
2
d. Intonasi sudah baik dan tidak tepat
1
5
Ekspresi
1-4
a. Penyampaian ungkapan dengan ekspresif
4
b. Penyampaian ungkapan cukup ekspresif
3
c. Penyampaian ungkapan kurang ekspresif
2
d. Penyampaian ungkapan tidak ekspresif
1
6
Kelancaran Ujaran
1-4
a. Penyampaian ungkapan lancar dan jelas
4
b. Penyampaian ungkapan cukup lancar dan cukup jelas
3
c. Penyampaian ungkapan kurang lancar dan kurang jelas
2
d. Penyampaian ungkapan tidak lancar dan tidak jelas
1
Skor Maksimal
24
Pedoman Penskoran :
Penilaian Tugas Tidak Terstruktur :
Aspek Yang Dinilai
Skor
Membiasakan bercakap-cakap dengan teman di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan dan   membicarakan kondisi sekolah
1-5
Selalu
5
Sering
4
Kadang-kadang
3
Pernah
2
Tidak Pernah
1
5

No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Total
Pembiasaan bercakap dengan bahasa Arab di luar kelas
1



2



3



4



Dst



2.      Penilaian Sikap
No
Aspek yang diobservasi
Pilihan Jawaban
Skor
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1






2






3






4






5






Jumlah





Rentang Skor Sikap :
No.
Keterangan
Jumlah Skor
1
Baik Sekali/Selalu
76-100
2
Baik/Sering
51-75
3
Cukup/Kadang-kadang
26-50
4
Cukup/Tidak Pernah
0-25
Penskoran :
8.        REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa(Remedial Teaching) selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.
9.        INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

Cirebon, 08 Oktober 2014

Mengetahui,



Kepala Madrasah
Guru Bidang Studi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar